Jumat, 26 Februari 2010

Dampak sosial teknologi

Dampak dari teknologi sangat banyak rupanya, yang salah satunya adlah internet yang saat ini sangat mudah diakses oleh khlayak luas.

Internet adalah Link atau jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan dapat digunakan di seluruh negara. Jaringan ini meliputi jutaan Link atau pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.Dan perangkatnya saling terhubung satu sama lainnya.

Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.

Dampak Positif:

1. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

2. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

3. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain

4. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

5. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

6.Dapat dijadikan lahan penghasil uang dengan membuat Web yang keuntungannya untuk diri sendiri, tetapi manfaatnya untuk orang lain.

7.Dapat mempunyai teman baru dari berbagai tempat atau negara lain.


Dampak negatif

1.Dapat mengakses data rekening, dan kemudian mencurinya,

2.Menjadi tempat para pencuri/penjahat dalam berkomunikasi tanpa harus bertemu.

3.Dapat dijadikan sasaran untuk merusak data orang lain, agar suatu perusahaan atau individu itu rugi, dan bila kita mempunyai atau dapat memperbaikinya maka kita dapat untung.

4.dapat melihat situs XXX yang membuat orang berbuat maksiat di dunia nyata nantinya

Dampak Sosial dilingkungan universitas :

Di setiap universitas biasanya akan ada areal dimana areal tersebut dapat mengakses internet secara gratis melalui jalur wireless atau wifi, biasanya areal tersebut dinamakan ” Hotspot Area “.
Hotspot tersebut hanya dapat diakses dengan menggunakan Laptop atau notebook, dan pada laptop tersebut, harus memiliki jaringan wireless. Agar mudah para mahasiswa mengakses, dan biasanya, untuk mengakses hotspot tersebut, setiap kampus menggunakan password, Agar selain mahasiswa tersebut tidak dapat menggunakan jaringan hotspot tersbut.
Hotspot sangatlah membantu para mahasiswa untuk mencari bahan – bahan atau tugas kuliah dengan mudah secara gratis, tidak hanya itu, hotspot pun berguna untuk tempat menghilangkan rasa kejenuhan pada saat mahasiswa tidak lagi ada jam kuliah, contohnya dengan download suatu file ( bisa itu lagu, video, gambar, game, software dan lain – lain ) atau sekedar membuka facebook, untuk chatting atau update status.
Disitulah letak dimana pengaruh atau dampak teknologi terhadap kehidupan sosial di kampus yang sangatlah besar. Dikarenakan kampus juga sebagai pengguna teknologi yang bisa dikatakan sangat aktif. Hal ini disebabkan adanya tugas-tugas yang diberikan Dosen. Agar mendapatkan tugas itu lebih mudah yaitu browsing melalui internet. Tapi terkadang ada juga mahasiswa yang mempergunakannya untuk berbisnis.(Dikutip dari Personal Blog>>Dampak sosial teknologi didalam kehidupan kampus)[http://ardinal.ngeblogs.com/2010/01/05/dampak-sosial-teknologi-di-dalam-kehidupan-kampus/]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar